Rahasia Rebutan Kursi PTN


Y
uhuuuuuu…. Ada yang abis gagal? Abis ditolak PTN? Udah move on? Cup..cup..cup… atau ada juga yang lagi persiapan buat perang masuk gerbang PTN? Udah sampai mana persiapannya? Atau malah ada yang masih galau milih jurusan? Jangan-jangan malah bingung juga mau kuliah dimana? Nah loh??? Apa ada juga yang masih minta restu orang tua buat lanjut kuliah? Emmmm…emmm…emmm...
Buat yang masih gagal tahun ini, jangan sedih, buang semua kesedihanmu itu, balas dendamlah dengan belajar dan berdoa lebih keras lagi. Masih dengerin ocehan dan hujatan orang  gara-gara ga ketrima kuliah? Buat apa di dengerin, ga guna cyiinn. Jangan-jangan masih ada yang nangis nih? Mau ngabisin berapa pack tisu coba? Adanya cuma nambah-nambahin polusi tuh, tisu bekas air matamu yang kamu keluarin abis-abisan gara-gara baru gagal tembus PTN. Gitu kan ya? Oke PLEASE STOP !!! Nggak guna mikirin kegagalan terus, yang ada kamu ga bakal maju-maju. Masih ada dua tahun tersisa kan, kesempatanmu buat ikutan seleksi masuk PTN lagi? So, ngapain masih merenung gitu? Let’s move !!!
Buat yang masih persiapan, mungkin baru tahun ini mencoba ikut seleksi? Cieeeee… masih unyu. Boleh kok masih santai-santai dulu, soalnya kemarin abis mikir keras buat UN ya. Ga masalah sih, malah kamu ngasih kesempatan buat lawanmu kok, kasih kesempatan lawanmu buat berhasil. Mau? Karena disaat kamu santai-santai kayak di pantai gitu, bisa aja lawanmu udah mempelajari satu bab materi ujian masuk PTN. Mak Jleb #mikikeras kan jadinya?
Buat yang masih prepare UN+Mikir juga gimana supaya tembus PTN, WAOOOWWW….. itu bagus banget, pikirannya udah maju, udah dewasa lho, harus bisa baca-baca situasi, atur strategi, jalankan misi, tunjukkan aksi, #halahbahasanya.
Beruntung banget kalian sekarang semakin dipermudah dengan adanya teknologi, asal kalian jago buat ambil manfaatnya lo ya? Kayaknya bakalan lama ini baca tulisanku yang acak-acakan ini, kalo aku saranin mending cari waktu yang bener-bener luang supaya sekali baca langsung ngeresep *ngeresep  obat pak? hahaha… *lupakan. Sebelum makin kebawah bacanya, mending kuatin hati dulu deh buat yang belum ikhlas bener baca ocehan ga jelas ini, wkwkwk.
Oke, posisiku pas nulis ini ceritanya baru aja jadi maba. Maba bangkotan, maba tua, hihihi. Because, aku ga seberuntung yang abis lulus langsung kuliah. Oh tidak, banyak sekali proses menakjubkan yang aku alami #halah. Mulai dari ditolak PTN, ga cuma sekali. #EMPAT kali Sob. Bayangkan, berapa liter air mata untuk menyambut hal menyedihkan itu*lebay.Tapi aku masih bersyukur lo gini-gini, walaupun awalnya berat, iya, berat abis, gimana ga coba, kalau pas di jalan gitu ya, liat yang lagi berangkat bawa perlengkapan buat ospek, pake almamater baru, yang warnanya masih kinclong belum pudar, rasanya tuh ya, nyesek abis. Ditambah lagi kalau lagi kumpul sodara sering ditanya-tanyain. Berasa belum bisa buat bangga orang tua aja gitu, pas ditanya selalu jawab “belum”. Sedihnya. Hiiiikksss. Udah gitu ga move on move on akunya, adanya cuma nenthink dan suudzonan aja. *cukup ya, aku jadi ksbb (kelingan sing biyen-biyen) wkwkwk, baca aja “keinget yang dulu-dulu”. So, mau tau ga kenapa aku bisa gagal, baik kita mulai, ini dia :
1.     Ga bakti sama orang tua
2.    Main-main sama ibadah
3.    Jarang belajar
4.    Ga siap materi
5.    Ga siap mental
6.    Ga tau strategi
7.    Ga bisa jauh dari yang namanya HP
8.    Mulainya belajar ujian tulis setelah ga lolos SNMPTN
9.    Kebanyakan beli buku drilling soal (3 buku paket soal lengkap, 1 buku khusus materi soshum, 1 buku khusus TPA, 1 buku khusus soal soshum, dan masih banyak lagi, kalo di total bisa buat kredit HP, hahaha)
10.  Belajarnya langsung main hajar soal
11.  Kebanyakan nyari motivasi alhasil jadi lupa diri, soalnya ga cepet-cepet jalanin aksi

Itusih beberapa kesalahan yang sebenernya bisa diubah, jadi misal ada yang lagi ngalamin begituan, segera tobat deh aku saranin. Sebelum kalian keok alias KO alias mati kutu lagi gara-gara gagal. Yoyoyo…!!! Move, move, move….!!! Trus sekarang, saatnya aku nulis beberapa hal yang sebenernya ngefek apa engga kalo dibilang strategi keberhasilan, aku juga ga tau, hihihi.
Pertama, awal banget pas sampe bener-bener aku ga ketrima di PTN. Aku lebih milih nyari kerja, mikirnya sih supaya nyibukin diri gitu, supaya ga berlarut-larut dalam kesedihan *asik. Eittss tapi ada tujuan mulia juga, selain buat kabur dari omelan Ortu gegara kegiatannya cuma glundang glundung ga jelas di kasur, kayak jualan semangka, duit hasil kerja dikumpulin buat beli buku dan daftar bimbel *eseeehhh. Kelaksana kah? Engga, hehehe, lebih milih ga bimbel, sayang banget sama duinya, mending buat menghibur diri, ah elah, jangan nethink dulu gitu, menghibur dirinya lebih ke beli baju, makan enak sama keluarga dan temen, duhhhh gitu banget ya akunya. Hahaha, tapi kalau buat beli buku, tetep kelaksana, tapi ga sebanyak yang kemarin juga. Sayang beli buku banyak, tapi satu soal pun ga da yang keluar di SBMPTN ataupun UM. Di tahun kedua berjuang aku lebih milih beli buku soal dan pembahasannya Om Jero, Buku Wangsit, yuhuuu bener banget. Apalagi sama Om Jero, misal kita mau nanya-nanya juga dilayanin. Trus masalah bimbel, tanpa bimbel tetep bisa lolos kok, ditambah lagi ada fakta, ada juga yang ikut bimbel tapi ga lolos, nahloh? Milih mana?
Kedua, ga tau kenapa, pas lagi buka facebook, tiba-tiba di beranda paling atas itu ada yang share soal ebook strategi SNMPTN gitu, di grup facebook semacam sekumpulan orang yang lagi berjuang buat dapetin kursi di PTN lah. Coba aja aku ikutin syaratnya, dan dapet lah aku ebook nya. Setelah aku baca, yang ada cuma bengong, takjub banget, rasanya sebel, kenapa baru tau sekarang, arrghh. Trus selanjutnya akun yang sama share juga soal ebook strategi ujian tulis, trus aku baca-baca, aku stalking apaan sih ini isinya, ulik sana ulik sini, kok kayaknya manfaat banget ya, cuusss langsung aku order, lumayan lah harganya kalau dibilang cukup nguras kantong, tapi aku mikirnya kalo berhasil ya ga rugi, duit abis cari lagi, -weseh- Beneran manfaat ga? Iya jelas, apalagi pengarang ebooknya sampe sekarang jadi coach aku yang bener-bener ngegembleng gimana caranya buat sukses. Uyeeahh, thank you Coach Altar dan ebook #UWABATL nya juga. Apalagi sekarang, ebooknya udah dibuat buku coba, namanya Buku #SeniPerangPTN, harganya lebih murah jauh, dan juga fasilitasnya sama kayak yang beli ebook, bedanya sih fasilitasnya dijadiin satu di dalam bentuk CD, tapi it’s OK, sama persis kok. Penasaran ya kayak apa Bukunya? Uhuksss : D
Ketiga, siapa bilang ga bimbel ga bisa belajar? Bisa kok, tergantung gimana caranya kita aja, tinggal pilih mau berhasil atau mau gagal. Tulis tuh motivasi hidupmu, pake huruf besar semua, buat yang gede ukurannya, pajang di kamar, di meja, di wallpaper hp, wallpaper laptop, pajang di dompet juga kalo perlu (jangan cuma foto gebetan aja yang dipajang). Kalau aku tulisannya gini “UDAH SEGITU AJA USAHA LOE???” Biar kalau pas lagi baca tulisan itu, usahanya ditambahin lagi, ga boleh ada lagi alasan yang namanya MALAS, oke???
Keempat, kalau masih juga susah buat belajar sendiri dan ga ngerti-ngerti juga sama beberapa materi, boleh tu, recommended juga buat manfaatin yang namanya video pembelajaran, oke, pasti semua udah paham kan ga usah disebutin, yap, ZENIUS. Ga tau kenapa aku pilih belajar pake akun ini di tahun kedua persiapan ujian masuk PTN. Dan enjoy banget dengerin penyampain materinya, dan sleppp masuk ke otaknya cepet banget, gampang diinget dan ga gampang lupa.
Kelima, pas baca-baca repost an orang, entah aku lupa namanya mbak siapa. Dia juga berjasa banget buat keberhasilanku, aku baca-baca di blog mbak cantik ini. Yang dia juga share pengalaman dia tembus PTN, satu yang aku ambil, soalnya belum punya strategi yang ini akunya. Yaitu adalah, “Jadwal Belajar”, simple kan, tapi berguna banget. Pas buat jadwal belajar buat ujian tulis masuk PTN ini ga boleh ngasal, perhitungannya, detail-detailnya, dan konsekuensinya juga harus dipikirin mateng-mateng. So, buat jadwalnya gini misalnya, taruh mata pelajaran yang udah kamu kuasain di hari yang padet, padet disini artinya jadwal pelajaran di sekolah itu yang berat-berat, kan ga masalah di sisipin materi buat ujian yang kita udah ngerasa bisa. Kalau aku Senin itu Bahasa Indonesia sama Bahasa Inggris. Selasa, Selasa itu jadwalnya lumayan selo, banyak waktu luang, jadi aku taruh Sejarah biar lebih banyak waktu buat nguasain Sejarah. Trus Rabu aku Sosiologi, Kamis Ekonomi, Jumat Geografi, dan Sabtunya, karena malem Minggu, butuh hiburan kan, kemarin-kemarin belajar terus, aku kasih TPA biar bisa main-main disini, TPA kan ga begitu susah ya, dan di Hari Sabtu juga aku adain Try Out mandiri, Try Out sendiri, ngerjain full soal satu paket dan di timing, biar siap mental. Hayooo… peka ga ada yang kurang? Serius amet, ini dia, momok banget buat aku, Matdas :o, karena Hari Minggu itu bener-bener free, jadi  aku manfaatin buat belajar Matematika Dasar, tau kan kalau orang belum nguasain banget, butuh lebih banyak ekstra tenaga dan waktu buat belajarnya. Trus juga, inget konsekuensinya, orang kan kadang ada malesnya juga, trus kalo udah  males pasti ujung-ujungnya ga kesentuh tuh yang harusnya dipelajarin, nyiasatinnya gini, kasih punishment ke diri sendiri kalo kita nglanggar jadwal belajar. Tapi ngehukum diri sendirinya jangan yang berat-berat juga lo ya, misalnya ga boleh nonton film selama 3 minggu, ga pegang HP seminggu, atau kalau  ga, harus belajar dua bab langsung buat pelajaran yang kita langgar jadwalnya. Yang namanya belajar dibagi per hari gitu, bukan langsung babad soal aja, tapi kuasain materi dasarnya dulu, ulik intinya, baru deh coba-coba kerjain soalnya.
Keenam, nonton film “God of Study” kalau ga “Master of Study”, itu film yang sama sih, cuma gatau kenapa judulnya dua gitu. Itu drama korea, liatnya bisa di youtube, buat yang ga suka, coba deh tetep nonton, karena disitu subtitle nya cuma Bahasa Inggris aja, jadi bisa buat sekalian belajar Bahasa Inggris. Apalagi isi dari filmnya itu adalah, beberapa anak SMA yang juga berjuang buat tembus Universitas, dan lagi di film ini banyak strategi belajar yang bisa dicontoh, recommended banget asli. Kalau bisa liatnya pas hari H ujian tulisnya masih jauh ya, biar belajarnya makin manteb setelah tau strateginya.
Ketujuh, dikasih tau juga sama temen. Dia itu masuk PTN ternama di Indonesia, dulunya pas dia lagi persiapan juga buat ujian masuk, setiap hari dia minum jus alpukad. Kata kakaknya temenku ini, kenapa jus alpukad? Soalnya bagus buat otak, selain itu pasti juga kita bakal cepet laper kalo pas lagi belajar kan, dan kalau harus berhenti buat makan nasi itu kayaknya sayang banget, so jus alpukad ini bisa juga buat pengganjal laper, biar pas ujian nanti kita ga keliatan kurus-kurus banget lah, ahihihi. Enak kok rasanya, warnanya juga cantik jus nya, enak lagi dikasih madu, cobain deh. Kalau ga bisa tiap hari minumnya, minimal seminggu sekali. *yes
Selanjutnya adalah yang paling utama yaitu Ibadah, jangan main-main sama yang satu ini, jangan pernah tinggalin yang namanya kewajiban buat Ibadah, cuma berapa menit sih, masak ditinggalin gitu aja. Yang Sholat jangan bolong Sholatnya, ditambah lagi kalau bisa ngejalanin Ibadah Sunahnya, itu TOP ABIS!!! Intinya semua ga boleh lupa sama Ibadah, berdoa itu harus, ga cukup usaha doang. Dan tau ga rahasia Doa kita itu biar cepat terkabul, yap, berbakti sama orang tua, ringankan sedikit beban orang tua. Oke oke bisa aja alesan, belajar juga wujud bakti sama orang tua kan, kalo berhasil kan juga buat bangga orang tua. Emang gitu doang ya yang namanya bakti ke orang tua? Belajar terus gitu? NO!!! Kadang tanpa kita sadari, orang tua kita juga ada waktu lelahnya, buat ngerjain pekerjaan rumah yang ga ada habisnya, nah emangnya Allah mau gitu ya ngabulin doa seorang anak yang membiarkan Orang Tua nya kelelahan. Masak cuma beresin kamar sendiri aja kudu Ibu yang beresin, nyuci baju kotor punya sendiri, Ibu juga? Apalagi kalau yang dibuat sedih sama kita tuh Ibu kita, beeehhh jangan harap. Mau jadi apa kalau udah gitu? Sering denger kan nama kita tuh disebut di sela-sela saat Ibu kita berdoa? Bayangin kalo seumpama Ibu tuh kesel sama kita, trus kita ga di doain? Jangan sampek, jangan sampek *getok kepala getok meja. Trus Bapak, kadang kita juga seenaknya aja gitu pake duit Bapak buat foya-foya, dipikir gampang kalik ya cari duit, hihihi. Segera perbaiki deh hubungan kita sama Orang Tua sesegera mungkin. SIAP???
Oke next, kumpulin berkas-berkas yang berhubungan untuk ujian itu jauh-jauh hari sebelum ujian berlangsung, jadi kalau udah beres semua dokumennya, kita bisa jalan terus tuh belajarnya. Pikirannya ga nyabang-nyabang. Cari juga temen seperjuangan yang mendukung penuh kita, minimal kalau ga bisa ketemu gitu, buat grup di social media, bisa Whatsapp, BBM, LINE dan sebagainya yang gratis itu,  manfaatin bener. Ajak belajar bareng, kalau aku dulu sama satu temen, setiap hari kita selalu tukeran soal dan jawaban, gantian gitu, kadang aku yang kasih soal, kadang juga aku yang dikasih soal, itu aja kita tukeran soal jawabnya manfaatin yang gratisan coba, Whatsapp, hahaha.
Kadang juga aku sering ikut Try Out SBMPTN gitu, biasanya yang ngadain di kampus-kampus gitu, biasanya juga bayar. Hahahaha. Kalau misalnya gamau keluar duit, bisa tuh ikut Try Out online, asalkan yang di timing ya, bukan yang batas pengumpulan jawabannya 1x24 jam bahkan lebih, sama aja boong. Aku dulu juga gabung di grup-grup SNMPTN dan SBMPTN gitu di facebook, walaupun kadang isinya itu ga jelas, ga usah di gubris deh yang gazebo gitu, *ga jelas Bo’. Ambil aja soal-soal yang diposting sama sebagian orang, trus download dan jadiin soal buat Try Out Mandiri. Enak kan ga keluar duit Try Out nya?
Selanjutnya, pesen ke Ibu, selama persiapan buat ujian, minta deh dimasakin yang banyak mengandung protein. Yang mengandung protein kan enak biasanya, dan katanya enak itu mahal, ah ga juga. Tahu sama tempe juga protein hayo? Bisa juga ditambah asupan multivitamin buat jaga daya tahan tubuh dan juga yang baik buat menutrisi otak, itu tuh, iya yang itu, yang warnanya orange kapsulnya. Trus pesen juga, seluruh keluarga harus bisa menjaga kondisi, tenang, damai dan harmonis. Karena bisanya masalah yang muncul, walaupun kecil, tetep akan berdampak buat belajarnya kita.
Dan, persiapan buat pasa udah H-3 sampai dengan hari H. H-3 maksimal udah ga boleh belajar lagi, apalagi ngapalin materi atau malah babad soal. FATAL !!! Bener-bener manfaatin hari tenang buat istirahat dan nenangin diri. Bener-bener selalu dijaga semangatnya dan mentalnya, apalagi kesehatannya juga, jangan sampai sakit. Masukin semua peralatan yang diperlukan di dalam tas, apa yang sekiranya perlu dibawa, bawa juga. Usahakan kalau udah jalan menuju tempat ujian pantang hukumnya balik lagi ke rumah buat ambil barang yang ketinggalan. Pelajari rute jalan menuju tempat ujian jauh-jauh hari, cari bener-bener ruangan ujiannya, tempat duduknya juga dimana, itu harus udah tau maksimal H-1, itu bener-bener udah batas akhir banget buat tau semua itu. Bawa bekal air minum dan makan siang juga, minimal bawa roti lah. Karena pengawas ga nyediain makan dan minum woeeyy, ya kalik dikasih snack kayak di kondangan gitu. Datanglah maksimal 30 menit sebelum ujian dimulai. Udah gitu kalau ada gitu, sebelah kita apa siapa gitu, kita liat dia nunggu bel masuk sambil baca-baca buku, ga usah minder, mau buku yang dibawa setebel apapun mah cuek aja. Stay Cool Mamen !!! Dengerin aja lantunan Ayat Suci Al-Qur’an dari HP kita, karena itu bener-bener obat penyejuk hati, Asik. Bisa juga dengerin lagu yang slow atau cuma instrument lagu gitu buat nenangin diri.
Oke oke, kayaknya itu aja deh, ntar kalau aku inget ada yang kelupaan, bakal aku tulis lagi deh. Sorry ya, ga nyangka bakal sepanjang ini jadinya. Makasih buat yang udah ikhlas baca, dan buat yang sambil marah-marah baca tulisan ini, semoga diberikan selalu hati yang lapang, Aamiin. Hahahaha. Sukses buat rebutan kursinya, sukses juga buat hasilnya nanti, semoga yang keluar air mata bahagia ya. Buat yang telat baca tulisan acak-acakan ini, sabar, jangan cemberut gitu lo, hahaha. Rezeki udah ada yang ngatur kok. Kalau misalnya mau tanya lebih, misalnya tertarik sama buku strategi #SeniPerangPTN, bisa kok aku bantu, atau mau nanya yang lain, boleh aja, nanti aku jawab kalo aku bisa jawab. Bisa kasih komentar dibawah juga kok. SUKSES BUAT KALIAN !!! Terimakasih atas waktunya.

With love,
@sitma_fuah on twitter
Siti Marfuah on FB

Komentar

  1. kak untuk ebook #UWABATL itu kk bayar/langsung download sendiri?

    BalasHapus
  2. Bayar Dian, beli dulu ebooknya cantik :) , ebooknya udah ga ada sekarang, malah sekarang ada bukunya lo kalo mau, lebih murah lagi, mau? hihihi

    BalasHapus
  3. Kak, itu daftar ptn setiap tahun kah(?)

    BalasHapus
  4. Kak aku mau dong kak dibantu beli buku seni perang PTN-nya

    BalasHapus
  5. Kakak belajar pakek strategi kayak gitu berapa bulan sebelum sbm?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Observasi Asik

Nature Republic Aloe Vera Asli VS Palsu, Original VS FAKE KW SUPER

Review Product : Masker Kefir